Iklan Air Mineral Al-Qodiri

header ads

MTs. Unggulan Al-Qodiri Mewakili Madrasah Tsanawiyah Swasta se-Kabupaten Jember Dalam Program ADIWIYATA

Reporter: Diki Kurniawan, Fuad Hasan

Foto : Taman Pesantren Al-Qodiri 

Seakan tidak pernah berhenti dan tetap terus melangkah ke depan, MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember tiada henti-hentinya untuk terus bergerak dan selalu melakukan terobosan dan inovasi bagi kemajuan kualitas pendidikannya. 

Dengan berbekal dawuh dari sang pengasuh Pondok Pesantren Al-Qodiri 1 jember bahwa pendidikan itu tidak pernah diam dan harus terus bergerak, maka pimpinan MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember dan segenap dewan gurunya selalu berupaya untuk tetap semangat dan konsisten dalam melaksanakan pergerakan kualitas pendidikannya.

Tanaman Green House (Al-Qodiri)

Saat ini, inovasi baru yang telah benar-benar serius dikerjakan oleh MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember yaitu Program Adiwiyata. 

Setelah ditunjuk oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember untuk mewakili Madrasah Tsanawiyah swasta se-Kabupaten Jember dalam Program Adiwiyata, maka MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember langsung spontan untuk melakukan segala persiapannya demi suksesnya program tersebut. 

Hal ini telah terbukti dengan sedang giat-giatnya para dewan pimpinan, dewan guru dan dibantu oleh beberapa siswa-siswi MTs. Unggulan Al-Qodiri yang sedang sibuk dan bekerja keras untuk bersama-sama dalam mempersiapkan segala kebutuhannya. Bahkan sebenarnya MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember telah melakukan persiapannya sejak 2 bulan yang lalu, tepatnya pada awal bulan agustus 2017.

Suasana pembangunan taman dan tempat aliran air atau kanal (Al-Qodiri)

Dan perlu diketahui bersama bahwa Program Adiwiyata itu sendiri adalah salah satu program yang dicanangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dalam upaya rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif, seperti polusi udara, pencemaran lingkungan oleh sampah, tanah tandus dan lain sebagainya. 

Akan tetapi perlu diketahui bersama bahwa dampak Global Warming atau Pemanasan Global, Lapizan Ozon yang semakin menipis atau bahkan Lapisan Ozon yang berlubang, semua itu tidak termasuk dalam dampak lingkungan negatif yang kami maksud, atau yang kita kira selama ini. 

Karena perlu diketahui bahwa dampak GLOBAL WARMING, PENIPISAN LAPISAN OZON atau pun LAPISAN OZON YANG BERLUBANG itu semua hanyalah rekayasa kelompok tertentu saja dalam rangka mengambil keuntungan semata untuk kepentingan kelompok itu sendiri. 


Jadi Program Adiwiyata kami di sini terlepas dari pencegahan dampak lingkungan negatif yang 3 tersebut. Namun, Program Adiwiyata kami lebih menekankan pada KEMASLAHATAN UMAT dan KEMASLAHATAN LINGKUNGAN HIDUP yang sebenarnya.

Foto : Al-Qodiri

Pada saat ini, berbagai macam persiapan untuk Program Adiwiyata masih tetap sedang berlangsung di MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. 

Seperti pembangunan taman, pembangunan gazebo, pembangunan paving untuk halaman Madrasah dan pembangunan lainnya. 

Juga berbagai tanaman mulai dari tanaman hias hingga tanaman herbal juga sudah selesai di tanam di sekitar area lingkungan Madrasah. 

Dan juga tempat daur ulang untuk barang bekas atau sampah bekas sudah selesai bahkan sudah dipergunakan semenjak beberapa hari ini. 

Lebih dari itu pembuatan selokan di sekitar area Madrasah pun juga sedang digarap dan tinggal sedikit lagi untuk tahap finishing.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa segala bentuk persiapan untuk even Program Adiwiyata tersebut telah benar-benar matang dan Alhmadulillah juga dapat berjalan dengan lancar.

Kami segenap keluarga besar MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember sangat optimis jika nantinya akan mendapatkan poin dan penilaian yang maksimal dari pihak terkait terhadap Program Adiwiyata tersebut. 

Dan pastinya segala bentuk sesuatu yang sengaja kami rancang dan kami laksanakan adalah semata-mata untuk kemajuan kualitas pendidikan Madrasah kami dan juga utamanya untuk kemajuan Pondok Pesantren Al-Qodiri 1 Jember. 

Dukungan berupa doa dari para pembaca juga sangat kami harapkan agar suksesnya Program Adiwiyata yang sedang kami persiapkan dapat tercapai dengan maksimal, amin. fu/dk

Posting Komentar

0 Komentar