Iklan Air Mineral Al-Qodiri

header ads

4 Hal Baru Yang Diterapkan Di Al-Qodiri, Diresmikan Pada Upacara Pembukaan Pekan Berbahasa

Reporter: Robyul Hamzah, Rafi Ainur Rofiq
Juru Kamera: Khoirul Umam

Foto: Penerbangan ratusan balon sebagai tanda dibukanya Pekan Berbahasa di Al-Qodiri

ALQODIRINEWS.COM - Upacara pembukaan Pekan Berbahasa telah usai dilaksanakan di Madrasah Unggulan Al-Qodiri Jember, Sabtu (21/10) sehari sebelum hari Santri Nasional kemarin. Upacara yang dilaksanakan dengan menggunakan bahasa Arab-Inggris tersebut menandai telah diwajibkannya bagi seluruh santri junior kelas 1 untuk mulai aktif berbahasa Arab-Inggris kapanpun dan dimanapun selama menjadi santri Al-Qodiri.

Upacara pembukaan Pekan Berbahasa, yang diketuai oleh Ning Halwa cucu pengasuh Ponpes Al-Qodiri dan putri dari pimpinan Madrasah Unggulan Al-Qodiri tersebut dikemas sedikit berbeda dengan upacara bendera pada umumnya. Susunan acaranya lebih menekankan pada penanaman karakter cinta tanah-air Indonesia, cinta pesantren dan cinta Islam.

Upacara pembukaan Pekan Berbahasa Madrasah Unggulan Al-Qodiri Jember pada tahun ini terbilang berjalan cukup hikmat dan meriah.

Baca Juga:

> Detik-Detik Kyai Muzakki MENJAZA' Ribuan Alumni Di Acara Reuni Akbar Ponpes Al-Qodiri Ke 31


Foto: Ning Halwa (kanan, menggunakan cadar) cucu pengasuh Ponpes Al-Qodiri yang menjadi pasukan pengibar bendera (Al-Qodiri)

Kepala Menteri Kempemudaan dan Olahraga (KEMENPORA) Al-Qodiri, A Salim Ulul Albab, menyampaikan bahwa upacara Pekan Berbahasa ini menggunakan 3 macam lagu yang dikumandangkan, yaitu Indonesia Raya, Yalal Wathon dan Lagu Mars Madrasah Unggulan Al-Qodiri Jember. Kemudian, lanjutnya Ulul, Kami menyisipkan sesi penerbangan ratusan balon ditengah upacara sebagai simbol dibukanya hari pekan berabahasa. Dan terakhir, tambah Ulul, di penghujung acara kami memberikan sesi hiburan berupa tampilan-tampilan menarik, menghibur dan mendidik yang dibuat dan ditampilkan langsung oleh santriwan-santriwati Al-Qodiri.

Baca Juga:

70 Santri Gontor Nngaji Ilmu Barokah & Ilmu Karomah Kepada KH Achmad Muzakki Syah


Foto: Dewan Sek.Pim (Kiri baju coklat) Ust. Nikmat Rofandi dan (Kanan baju putih) Ust. Achmad Baihaqi membuka Pekan Berbahasa (Al-Qodiri)

"Kami meminta kepada para dewan sekretaris pimpinan Madrasah Unggulan Al-Qodiri untuk mengawali penerbangan ratusan balon sebagai simbol dibukanya hari pekan berbahasa. Nah, penerbangan ratusan balon ini terdapat makna dan filosofi tersendiri, yaitu menandakan kebebasan, yang artinya ketika para santri telah mampu menguasai bahasa Arab-Inggris, maka saat mereka sudah sukses nanti, mereka akan bebas dan dengan mudah untuk singgah, berkunjung dan sukses di seluruh pelosok dunia dengan bermodalkan dua bahasa internasional tersebut. Karena dalam hadist telah termaktub; Barangsiapa mempelajari bahasa suatu kaum, maka ia akan selamat dari tipu daya kaum tersebut" ungkap penasehat Kepala Kementerian Bahasa Al-Qodiri Faizatun Nikmah, usai pelaksanaan upacara kemarin.

Baca Juga:

Foto: Peserta upacara (Al-Qodiri)

Setelah berakhirnya upacara Pembukaan Pekan Berbahasa di Madrasah Unggulan Al-Qodiri, maka secara tidak langsung telah ada 4 hal baru yang telah resmi diterapkan di Al-Qodiri. 4 hal baru tersebut ialah berupa sistem oragnisasi dan sistem pendidikan di Al-Qodiri.

Ketua OPPM (Organisasi Pelajar Pondok dan Madrasah) Al-Qodiri, Fuad Hasan, mengatakan bahwa 4 hal baru yang dimaksud ialah; diterapkannya sistem organisasi Ketua Angkatan, masa orientasi santri (MOS) yang berlangsung selama 3 bulan dan dirumuskannya pedoman hidup santri di pesantren berupa 'PANCA JIWA Madrasah Unggulan Al-Qodiri' serta diadakannya upacara Pembukaan Pekan Berbahasa sebagai ajang penanaman karakter cinta NKRI, cinta pesantren dan Cinta Islam.  

ketua OPPM juga menambahkan bahwa upacara ini adalah sebagai penanda berakhirnya masa MOS santri baru, serta penanda telah dibukanya hari-hari dimana seluruh santri junior kelas 1 sudah wajib menggunakan bahasa Arab-Inggris sebagai bahasa komunikasi di pesantren kapanpun dan di manapun selama menjadi santri Al-Qodiri. rar/rh

Berikut beberapa photo momen-momen Upacara Pembukaan Pekan Berbahasa: 

Foto: Ning Halwa, Ketua panitia pelaksana Upacara Pembukaan Pekan Berbahasa (Al-Qodiri)



















Posting Komentar

1 Komentar