Iklan Air Mineral Al-Qodiri

header ads

Detik-Detik Kyai Muzakki MENJAZA' Ribuan Alumni Di Acara Reuni Akbar Ponpes Al-Qodiri Ke 31

Reporter: Khoirul Umam, Fuad Hasan
Juru Kamera: Khoirul Umam

Foto: KH Achmad Muzakki Syah (Pengasuh Ponpes Al-Qodiri 1 Jember)

ALQODIRINEWS.COM - Reuni akbar Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Qodiri 1 Jember yang ke 31 telah usai diselenggarakan pada Minggu (14/10) kemarin. Ribuan alumni Ponpes Al-Qodiri 1 Jember yang datang, dari periode tahun 90-an hingga periode tahun 2000-an, tampak memadati gedung aula serba guna Ponpes Al-Qodiri.

Acara reuni akbar Ponpes Al-Qodiri 1 Jember pada tahun ini mengusung tema "Peran Serta Alumni PP. Al-Qodiri Dalam Mewujudkan Cita-Cita Pengasuh Menuju 5000 Santri".

Dari tema tersebut, para panitia penyelenggara memang ingin lebih menekankan dan mengajak kepada seluruh alumni Ponpes Al-Qodiri untuk ikut serta dalam mensukseskan dan mewujudkan program gerakan 5000 santri seperti yang telah dicita-citakan oleh pengasuh pondok pesantren, KH Achmad Muzakki Syah.

Dalam acara reuni akbar tersebut, para alumni yang datang dari berbagai daerah merasa sangat terharu dan bahagia ketika dapat bertemu dengan kawan dan sahabat seperjuangan saat nyantri dulu. Ribuan alumni yang hadir pada saat itu seperti telah tenggelam dalam suasana nostalgia berjamaah.

Baca juga :
> Inilah Alasan KH Ma'ruf Amin Berkunjung Ke Al-Qodiri
> Kunjungan Presiden Jokowi Ke Ponpes Al-Qodiri

Foto: Para Alumni Ponpes Al-Qodiri sedang bernostalgia dengan kawan seperjuangan dulu.

Berjalannya acara reuni akbar memang terlihat sebagaimana layaknya acara reuni pada tahun-tahun sebelumnya.

Dimulai pada sekitar pukul 09.00 WIB, acara bergulir diawali dari MC, Qira'atul Qur'an dan Sholawat Nabi.

Sambutan dari beberapa alumni, putra pengasuh Ponpes dan Nyai Hj. Siti Halimah juga tampak silih berganti dari acara demi acara untuk memberikan arahan dan motivasi, serta pembahasan seputar mobilitas dan perkembangan Ponpes Al-Qodiri 1 Jember di masa mendatang. 

Namun suasana menjadi berbeda ketika KH Achmad Muzakki Syah selaku pendiri dan pengasuh Ponpes Al-Qodiri 1 Jember rawuh (hadir) untuk memberikan tausiyah kepada ribuan alumni yang hadir.

Di awal tausiyahnya, secara mengejutkan, tiba-tiba KH Achmad Muzakki Syah dawuh (berkata) kepada ribuan alumni untuk berkenan mengikuti dan meniru akan apa yang akan diucapkan oleh beliau saat itu.

"Bismillahirrahmanirrahim, semua ikut.." pinta Kyai Muzakki  kepada ribuan alumni sembari melanjutkan mengucapkan basmallah disusul membaca syahadat, yang kemudian langsung ditirukan oleh para alumni.

Setelah itu, Kyai Muzakki juga menambahkan permintaannya kepada para alumni dengan kalimat lebih tegas lagi "Ucapkan tasydid billisan, bilqalbi, biljawareh. Lisan, hatinya dan anggotanya, semua perasaannya sumpah kepada Allah!"

Untuk lebih jelasnya, dan mungkin para pembaca, para alumni, para jama'ah manaqib dan juga para santri ingin ikutan meniru apa yang dipinta dan diucapkan oleh Kyai Muzakki saat itu, maka inilah video selengkapnya detik-detik KH Achmad Muzakki Syah mensumpah dan menjaza' ribuan alumni Ponpes Al-Qodiri.


(Anda sekalian, silahkan jika ingin mengikuti untuk disumpah dan dijaza' oleh KH Achmad Muzakki Syah (sang waliyullah) seperti di video tersebut. Semua itu sah-sah saja dan tidak ada salahnya jika anda ikutan untuk disumpah dan dijaza' lewat media video. Hanya tinggal ikuti saja dengan segenap keyakinan dan perasaan hati anda dengan sungguh-sungguh. Dan semoga Allah memberikan keberkahan hidup untuk anda semuanya, amin!)


Baca juga :

Setelah selesai menjaza' dan mensumpah para alumni, KH Achmad Muzakki Syah kemudian melanjutkan tausiyahnya untuk memberikan nasehat dan bimbingan kepada para alumni.

Di tengah tausiyahnya, Kyai Muzakki dengan tegas mengingatkan kepada seluruh alumni yang hadir bahwa sumpahan tadi bukanlah hanya sebuah amalan atau manaqiban saja, melainkan lebih dari itu.

Lebih jelasnya Kyai Muzakki mengibaratkan bahwa sumpahan tersebut merupakan sebuah penganggo (pakaian) yang harus dipakai. Sehingga ketika sudah pulang dari acara reuni nanti, para alumni dianjurkan untuk memakai pakaian tersebut.

"Dienggo! Kalau pulang nanti dipakai, bahwa anda sudah sumpah dihadapan Kyai untuk ridho menjadi budaknya (hambanya) Allah, ridho menjadi budaknya Rasullullah, ridho menjadi budaknya ulama' dan auliya', dan ridho menjadi budaknya agama islam" tegas KH Achmad Muzakki Syah kepada ribuan alumni.

Lebih lanjutnya, Kyai Muzakki juga dawuh bahwa akan semakin dipermudah urusan kehidupan kita, jika kita mampu menjadi budaknya Allah dan menjadi budaknya agama Islam dengan sebaik-baiknya. Kyai Muzakki mempertegas kalimat tersebut dengan memberikan contoh dari kisah para alumni yang telah sukses di kehidupannya lantaran selalu menjunjung tinggi asma Allah dan agama islam.

Ahmad Taufik Khan, salah seorang khadamnya (abdi dhalemnya) Kyai Muzakki, mengatakan kepada repoter Al-Qodiri News bahwa ini baru pertama kalinya Kyai Muzakki mensumpah dan menjaza' ribuan umat di acara reuni akbar. Sebelumnya, Kyai Muzakki mengadakan sumpahan seperti ini hanya di acara pengajian dan Dzikir Manaqib saja. mam/fu


Baca juga :


Posting Komentar

0 Komentar