Iklan Air Mineral Al-Qodiri

header ads

Kunjungan Presiden Jokowi ke Ponpes Al-Qodiri 1 Jember

Reporter : Fuad Hasan


Foto : Jamuan makan malam dalam kunjungan Presiden Jokowi Ke Al-Qodiri

Bapak presiden Indonesia Ir. Joko Widodo atau yang lebih akrab dipanggil Jokowi datang ke kabupaten Jember - Jawa Timur pada hari sabtu, 12 Agusutus 2017 kemarin.

Pada kesempatan ini, Jokowi juga berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Qodiri 1 Jember yang terletak di desa Gebang kecamatan Patrang. Ini merupakan pertama kalinya bagi Jokowi untuk dapat menginjakkan kakinya di bumi Al-Qodiri.

Sebagai pondok pesantren terbesar di kabupaten Jember, Al-Qodiri memang bukan sekali ini saja didatangi para pejabat, menteri, calon presiden atau bahkan presiden sekalipun. Lebih-lebih presiden RI ke-5 atau SBY pun juga sudah beberapa kali datang dan berkunjung ke Al-Qodiri pada tahun-tahun sebelumnya.

Kunjungan presiden Jokowi ke Al-Qodiri pada kesempatan ini merupakan sebagai agenda silaturrahmi.

Di samping itu juga Jokowi mempunyai kepentingan pribadi kepada sang pengasuh pesantren Al-Qodiri yakni beliau KH. Achmad Muzakki Syah.

Hal ini persis seperti apa yang telah diungkapkan oleh Kyai Muzakki pada waktu rapat rutinan bulanan bersama seluruh dewan Asatidz Al-Qodiri pada hari Jum'at kemarin. beliau Kyai Muzakki mengatakan bahwa pak presiden Jokowi ingin bertemu khusus dengan Kyai Muzakki.

Baca Juga :

Presiden Jokowi datang di Pesantren Al-Qodiri sekitar pukul 21:30 WIB.

Kemudian langsung dijamu dengan hidangan makan malam oleh kyai Muzakki dan ditemani oleh bupati kota Jember bu Faida dan gubernur Jawa Timur Pakde Karwo.

Setelah itu presiden Jokowi langsung hadir di tempat acara penyambutan presiden yang telah dipersiapkan sedemikian rupa oleh para santri Al-Qodiri.

Foto : Kyai Muzakki & Jokowi (Al-Qodiri)

Pada acara tersebut, ketika Kyai Muzakki dan Presiden Jokowi memasuki stage secara bersamaan, tepuk tangan dari para ribuan santri dan masyarakat langsung serentak bergemuruh pada saat itu.

"Subhanallah, dua pemimpin hebat berbaur menjadi satu. Kyai Muzakki walinya Allah yang sangat karomah dan sang Pemimpin besar bagi para jutaan jamaah manaqib di seluruh dunia serta Pak Jokowi sang pemimpin negara tercinta Indonesia" ungkap salah satu santri kepada tim liputan Al-Qodiri News.com.

Kemudian Kyai Muzakki segera memberikan sambutan kepada seluruh hadirin pada acara penyambutan presiden tersebut dan didampingi oleh Presiden Jokowi.

Pada sambutannya, Kyai Muzakki mengungkapkan tentang dukungannya kepada Jokowi serta menghimbau dan mengajak kepada santri dan juga masyarakat untuk selalu mendukung presiden dan segala macam program yang dijalankan oleh presiden Jokowi.

Kyai Muzakki juga tiada henti-hentinya untuk selalu mendoakan kepada Presiden Jokowi dan mendoakan akan Keutuhan, perdamaian dan keselamatan NKRI  di dalam sambutannya tersebut, yang kemudian segera di Amini oleh para ribuan hadirin pada saat itu.

Kemudian setelah Kyai Muzakki memberikan sambutannya, giliran saatnya Presiden Jokowi untuk memberikan sambutannya kepada seluruh hadirin di Al-Qodiri yang mana beliau didampingi oleh gubernur jawa timur Pak Karwo. 

Di dalam sambutannya, sepertinya Presiden Indonesia Joko Widodo tiada bosan-bosannya untuk selalu mengingatkan kepada seluruh santri dan masyarakat yang hadir saat itu untuk selalu bangga terhadap negara kita Indonesia. 

"Betapa besarnya negara kita ini. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki 1.340 suku dan terbanyak di dunia, memiliki sekitar 742 bahasa. Dan saya selalu bercerita seperti ini ketika bertemu dengan presiden-presiden luar negeri. Setiap saya mengatakan seperti itu mereka sangat terkagum-kagum akan kebesaran bangsa Indonesia. Bahkan King Salman Raja Saudi Arabia sampai gak percaya kepada saya. Ya saya jawab, masa' to Raja Salman gak percaya ke Pak Jokowi" tutur Jokowi sembari disambut tawa oleh para hadirin yang hadir saat itu.

Baca Juga :

Untuk memberikan semangat kepada para santri Al-Qodiri agar tetap bangga dan berjiwa nasionalis tinggi, presiden Jokowi membuat kuis berhadiah sepeda kepada santri yang dapat menjawab pertanyaan presiden Jokowi seputar kebesaran negara Indonesia.

Beberapa santri Al-Qodiri yang maju ke depan disuruh untuk menyebutkan 5 sila dalam Pancasila oleh presiden Jokowi. Dan presiden Jokowi berkali-kali mengungkapkan kekagumannya atas kecerdasan para santri Al-Qodiri yang dapat menjawab soal kuis dengan sangat lancar. 

"Pak kyai, lihat santri-santrinya panjenengan ini pintar semuanya loh. Mereka sangat lancar dan cerdas sekali untuk dapat menyebutkan 7 nama suku dan 7 nama pulau di Indonesia. Padahal kalau saya berkunjung ke pesantren lainnya, saya suruh nyebutkan 5 saja mereka sudah kebingungan. Tapi santrinya panjengenan saya suruh sebutkan tujuh kok lancar dan betul semua" Ungkap Jokowi kepada Kyai Muzakki di hadapan para santri yang kemudian langsung disambut tepuk tangan meriah oleh para santri dan masyarakat yang hadir.

Terakhir, Kyai Muzakki mengatakan kepada presiden Jokowi di hadapan seluruh hadirin agar pak Jokowi bisa berkunjung kembali pada kegiatan bulanan di Al-Qodiri, yaitu pada kegiatan Manaqib Akbar Syeikh Abdul Qodir Jailani yang diadakan setiap Jum'at Manis di Pondok Pesantren Al-Qodiri 1 Jember. FU


Baca Juga :

Posting Komentar

0 Komentar