Iklan Air Mineral Al-Qodiri

header ads

Semangat Anggota Pramuka Al-Qodiri Di Bawah Terpaan Hujan Lebat dan Angin Kencang

Reporter: M. Dimas Eka Kurniawan, A. Daniel Abrori
Juru Kamera: M. Dimas Eka Kurniawan, A. Daniel Abrori

Foto: Suasana detik-detik hujan lebat turun bercampur angin kencang pada saat kegiatan pramuka berlangsung (Al-Qodiri)

Kegiatan pramuka di MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember mengutamakan penanaman karakter kedisiplinan, tanggung jawab, kebersamaan, kekompakan dan kemandirian.

Saat ini, untuk kali pertamanya MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember mewajibkan seluruh siswa-siswinya agar mengikuti kegiatan wajib pramuka setelah sebelumnya kegiatan pramuka hanya menjadi kegiatan tambahan atau ekstra kulikuler yang tidak wajib.

Untuk saat ini, kegiatan Pramuka di MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember dilaksanakan setiap satu bulan sekali, tepatnya pada hari minggu di awal bulan. Namun untuk selanjutnya akan dilaksanakan setiap satu minggu sekali.


Foto: Suasana kegiatan pramuka di kelas 7.E (Al-Qodiri)

Untuk sementara waktu, kegiatan wajib pramuka masih menjadi bagian dari salah satu kegiatan tambahan pada program PKM (Pusat Kegiatan Masyarakat).

Dan untuk selanjutnya, kegiatan pramuka akan menjadi program yang berdiri sendiri dan tidak terikat dengan program PKM.

Pada hari minggu, 11 februari 2018 kemarin, merupakan bulan kedua untuk dilaksanakannya kegiatan pramuka yang diwajibkan untuk semua siswa-siswi MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa-siswi terlihat sangat antusias mengikutinya.

Walaupun cuaca pada saat itu sedang hujan lebat, namun semangat dan kekompakan tetap terlihat di raut wajah mereka masing-masing.

Pelaksanaan kegiatan pramuka tersebut dibagi menjadi 2 kelompok. Yaitu kelompok A dan B.

Untuk kelompok A beranggotakan sekitar 200 siswa dan siswi yang semuanya dari kelas 7 dan bertempat di gedung sekolah lantai 3 MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember.

Sedangkan Untuk kelompok B beranggotakan sekitar 60 siswa dan siswi yang bertempat di lapangan madrasah yang mana mereka saat itu sedang dalam kondisi basah kuyub karena cuaca hujan yang sangat lebat bercampur angin kencang saat itu.


Foto: Cuaca sedang buruk, namun semangat mereka tidak pernah buruk (Al-Qodiri)
“Kita dari kelompok B yang semuanya dari kelas 8. Kita di sini dididik khusus oleh kakak pembina untuk menjadi kader-kader pembina pramuka kedepannya. Dan tidak masalah bagi kami melakukan kegiatan sambil hujan-hujanan seperti ini, justru kami malah senang. Karena, menurut saya bukanlah sebuah masalah jika seragam kami menjadi basah kuyub oleh hujan saat ini, yang terpenting semangat kami tak akan pernah padam dan tak akan pernah basah kuyub oleh hujan sampai kapanpun!” ungkap salah seorang siswa kelas 8 bernama Wahyu sembari mengepalkan tangannya untuk tanda kesemangatannya.

Dalam kegiatan ini siswa-siswi memang sangat terlihat bersemangat sekali.

Dan tim reporter Al-Qodiri News.com juga telah menemukan salah satu siswa yang sangat bersemangat dalam kegiatan tersebut, dia bernama Irgi.

”Saya dituntut untuk selalu bersemangat dan harus disiplin dalam menjalankan tugas. Saya benar-benar merasakan yang namanya kebersamaan, kekeluargaan dan kekompakan di sini. Saya sangat senang sekali, karena pada kegiatan ini saya bisa bertambah akrab dengan teman-teman lainnya. Saya yang dulunya tidak tahu apa-apa tentang pramuka, kini menjadi lebih banyak tau semua hal tentang kepramukaan, seperti membuat tenda, membuat pionering, dan lebih banyak lagi”. Ucapnya.

“Pramuka sangatlah penting dan harus  dimulai dari usia muda, pramuka mengajarkan kedisiplinan, kesemangatan, kebersamaan dan yang paling penting adalah kekompakan. Dan program ini harus di jalankan agar jiwa kepramukaan tumbuh pada diri Siswa-Siswi seusia mereka” ujar kak Lutfi selaku pembina GAPRI (Gerakan Pramuka Al-Qodiri).

Memang pramuka adalah kegiatan yang sangatlah penting bagi Siswa-Siswi, khususnya di MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, karena dengan kegiatan ini mereka bisa lebih mandiri, bertanggung jawab dan lebih berdisiplin tinggi yang sesuai dengan motto MTs. Unggulan Al-Qodiri yaitu ‘DISIPLIN HARGA MATI !’. dik/da 

Posting Komentar

0 Komentar